Peringatan Dini BMKG Sabtu 27 November 2021: Waspada Jawa Tengah Alami Hujan Disertai Angin Kencang

Peringatan Dini BMKG Sabtu 27 November 2021: Waspada Jawa Tengah Alami Hujan Disertai Angin Kencang


TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Sabtu (27/11/2021).
Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, pusat tekanan rendah di perairan Selatan NTT dan Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Natuna, Laut Sulu, di perairan Utara Papua dan di Laut Arafuru.
Hal tersebut memicu terbentuknya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Natuna, di Jawa Timur, dari NTB hingga NTT, di perairan Selatan NTT, dari Maluku hingga Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Karimata, dan di Kalimantan bag Timur.
Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Selat Malaka hingga Aceh, di Pesisir barat Sumatera Barat, di Bengkulu, di perairan selatan Jawa Timur, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Selatan, dari Selat Karimata hingga Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Utara hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Barat hingga Laut Banda, di NTT, di Kep. Aru-Tanimbar, di Papua Barat dan di Papua.
Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.
Baca juga: Peringatan Gelombang Tinggi BMKG Sabtu 27 November 2021: 8 Wilayah Perairan Capai 2,5-4 Meter
Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG, Sabtu 27 November 2021: 7 Kota Berpotensi Alami Hujan Petir
Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Sabtu, 27 November 2021 hingga Minggu, 28 November 2021:
Sabtu, 27 November 2021
Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:
– Aceh
– Bengkulu


Sumber Berita

Check Also

Menaker Ida Fauziyah Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo: Ia Pribadi Bersahaja dan Pekerja Keras

Laporan wartawan TRIBUN-VIDEO.COM, Lendy Ramadhan TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengenang almarhum Menteri …