Kronologis Tewasnya Dua Bobotoh saat Nonton Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022

Kronologis Tewasnya Dua Bobotoh saat Nonton Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022



Dua bobotoh dilaporkan tewas berdesakan hendak masuk stadion saat laga Persib vs Persebaya.Bobotoh. (Sumber: Simamaung.com)

Bolatimes.com – Kronologis meninggalnya dua bobotoh saat nonton laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022. Insiden tersebut terjadi di Stadion GBLA, Jumat (17/6/2022).

Dari keterangan pihak kepolisian, Polrestabes Bandung, penyebab meninggalnya dua bobotoh ini disebabkan antrean penonton yang membeludak saat ingin masuk ke stadion.

Menurut penjelasan dari Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung, mengacu pada prosedur, seharunya para penonton terlebih dahulu menunjukkan tiket jika ingin masuk ke stadion. Namun, kata dia, banyak penonton yang tak sabar ingin masuk ke dalam gedung stadion.

“Dugaannya itu adalah tidak sabar ingin masuk, terburu-buru. Padahal sudah diimbau agar antre dan antrean-nya juga sudah ada,” kata Aswin mengutip dari Antara.

Kondisi massa yang membeludak pada akhirnya membuat sejumlah orang pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.

Ditambahkan oleh Aswin, saat itu pihak kepolisian yang berjaga di lokasi selalu mengimbau kepada para penonton yang hadir agar antre secara tertib.

Selain itu, menurutnya petugas di lokasi pun meminta untuk mundur bagi penonton yang tidak memiliki tiket.

Sementara itu, menurut Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mencatat ada sebanyak delapan pintu akses masuk ke stadion yang jebol karena massa yang membeludak.

Adapun Stadion GBLA dapat menampung penonton totalnya sebanyak 38 ribu. Namun, Ibrahim memperkirakan massa yang hadir ke area tersebut diprediksi mencapai 40-45 ribuan.

“Kondisi penonton yang tidak mempunyai tiket memaksakan untuk masuk dan menjebol pintu, saat bergerombol dan berdesakan tersebut, ada seseorang yang di gotong oleh beberapa penonton lain keluar kerumunan dalam keadaan lemas,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu korban tewas pada insiden kemarin, Asep Ahmad Solihin sudah dimakamkan pada Sabtu (18/6/2022). 

Mengutip dari laporan AyoBandung–jaringan Suara.com, Asep sebelumnya sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Sartika Asih, Kota Bandung.

Dari pantuan, di rumah duka, keluarga, tetangga, dan kerabat dekat Asep Ahmad Solihin sudah berdatangan dan berkumpul di rumah duka.

Pada 08.44 WIB, jenazah rencananya akan disalatkan oleh keluraga dan tetangga di masjid yang berlokasi dekat dengan rumah duka.

Jenazah Asep Ahmad Solihin bakal dimakamkan di pemakaman keluarga yang terletak tidak jauh dari rumah duka.

Sedangkan satu korban lainnya yang juga warga Bogor, Sopiana Yusup akan diberangkatkan menuju Bogor. Informasi didapat dari unggahan akun Instagram Viking @officialvpc.

“Pemberangkatan jenazah alm. Sopiana Yusup menuju Bogor,” tulis caption pada unggahan tersebut.

Manajemen Persib Bandung angkat bicara terkait meninggalnya dua orang Bobotoh di Stadion GBLA. Dalam pernyataan resmi, pihak Persib menyayangkan insiden ini bisa terjadi.

“Kami tentunya berbela sungkawa dan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya dua orang Bobotoh tersebut,” demikian pernyataan Persib Bandung.

(Galih Prasetyo)


Sumber Berita

Check Also

Persib Bandung Tersingkir Lewat Adu Penalti, Achmad Jufriyanto Kecewa

Suara.com – Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto mengaku kecewa timnya gagal lolos ke semifinal Piala …