Mayjen TNI Teguh Pudjo Promosi Jadi Sesmenko Polhukam, Pengamat: Stok Calon KSAD Makin Banyak

Mayjen TNI Teguh Pudjo Promosi Jadi Sesmenko Polhukam, Pengamat: Stok Calon KSAD Makin Banyak


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nama Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso termuat dalam salinan dokumen elektronik Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) nomor Kep 558/VI/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang beredar di kalangan wartawan pada Selasa (28/6/2022).
Dalam dokumen tersebut Teguh dipromosikan dari Pangdam VI/Mulawaeman menjadi Sesmenko Polhukam RI dengan keterangan tambahan Sertijab menunggu Keppres.
Teguh dipromosikan menjadi Sesmenko Polhukam menggantikan Letjen TNI Mulyo Aji yang akan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.
Menanggapi hal tersebut, Pengamat militer sekaligus Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas berpandangan stok calon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berikutnya menjadi semakin banyak.
Baca juga: Beredar Salinan Keputusan Panglima TNI Mutasi 180 Perwira, Danpaspampres Hingga Kepala BAIS Diganti
“Dengan promosi Teguh Pudjo Rumekso menjadi Sesmenko Polhukam artinya stok calon KSAD semakin banyak,” kata Anton ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (28/6/2022).
Teguh dan Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto, kata dia, adalah sama-sama satu leting di Akmil 1991.
Dari rekam jejak penugasan dan pemikiran, lanjut dia, Teguh merupakan salah satu perwira tinggi terbaik dan layak menjadi kandidat potensial KSAD mendatang.

Menurutnya, hal tersebut juga positif karena artinya Presiden Joko Widodo memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan siapa pengganti KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.
“Selain Teguh dan Agus, ada pula Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Akmil 1989), Pangkogabwilhan III Letjen Nyoman Cantiasa (Akmil 1990) dan Panglima Kostrad, Letjen Maruli Simanjutak (Akmil 1992),” kata Anton.


Sumber Berita

Check Also

Menaker Ida Fauziyah Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo: Ia Pribadi Bersahaja dan Pekerja Keras

Laporan wartawan TRIBUN-VIDEO.COM, Lendy Ramadhan TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengenang almarhum Menteri …